Home » » Jenis Fault Pada Keadaan Short Circuit Tiga Phasa

Jenis Fault Pada Keadaan Short Circuit Tiga Phasa

Berdasarkan kejadiannya, terdapat 5 tipe fault short circuit (hubungan singkat) yang dapat terjadi pada sistim listrik tiga phasa. Seperti terlihat pada gambar berikut ini :
-   Short Circuit Tiga Phasa

-   Line To Line Short Circuit Without Earth fault (Tanpa Terhubung ketanah)
-   Line To Line Short Circuit With Earth fault (Terhubung ketanah)
-   Line To Earth Short Circuit
-   Double Earth Fault

Dari kelima hal diatas, secara garis besar dapat dikelompokan menjadi symmetrical short circuit dan asymmetrical short circuit. 
Dari proses kejadiannya yang merupakan symmetrical short circuit adalah short circuit yang terjadi pada ketiga phasa line , untuk analisa dan perhitungan short circuit pada tipe ini cukup sederhana karena pada kejadian short circuit ini titik pertemuan ketiga phasa adalah nol (0) sehingga besarnya nilai masing - masing phasa yang terhubung singkat adalah sama (symmetreical).




Dari gambar diatas , yang merupakan asymmetrical short circuit adalah Line To Line Short Circuit Without Earth fault, Line To Line Short Circuit With Earth fault, Line To Earth Short Circuit dan Double Earth Fault. Perhitungan short circuit pada tipe asymmetreical cukup rumit, karena penjumlahan tegangan masing-masing phasa tidak bernilai 0 (nol) yang timbul karena pergeseran sudut antara tiap-tiap line dan antara line dengan tanah.

0 komentar:

Post a Comment