Home » » Penyebab Faktor Daya Rendah

Penyebab Faktor Daya Rendah

Penyebab Faktor Daya Rendah - Penyebab utama Faktor Daya suatu sistim jaringan listrik mejadi rendah adalah beban induktif . Pada sebuah rangakaian induktif murni , arus akan tertinggal sebesar 90 ° terhadap tegangan , perbedaan yang besar pada sudut fase antara arus dan tegangan ini akan menyebabkan faktor daya mendekati nilai nol . 


Umumnya  , semua rangkaian listrik memiliki sifat Kapasitansi dan Induktansi ( kecuali rangkaian resonanasi atau rangkaian tuning dimana reaktansi induktif = reaktansi kapasitif ( Xc = XL ) , sehingga rangkaian menjadi bersifat resistif ) , karena sifat Kapasitansi dan Induktansi beban pada sebuah rangkaian listrik akan menyebabkan perbedaan sudut fase ( θ ) antara arus dan tegangan sehingga menimbulkan faktor daya , sehingga menimbulkan beberapa kerugian seperti yang telah kita bahas sebelumnya, kerugian akibat rendahnya Faktor Daya (power factor) .




Berikut ini adalah beberapas sumber yang menyebabkan rendahnya faktor daya (power faktor) pada sistim jaringan listrik :
  1. Motor Induksi Satu Phasa atau Tiga Phasa,umumnya motor induksi baik yang satu phasa maupun tiga phasa memiliki faktor daya yang rendah yaitu , ketika berbBeban penuh , Power Faktor = 0,8 -0.85 , dan ketika dibebani rendah (tanpa beban) berkisar pada  0.2 -0.3
  2. Variasi besar kecilnya beban pada jaringan sistem tenaga listrik . Pada periode beban rendah , tegangan suplai meningkat yang meningkatkan arus magnetizing yang menyebabkan faktor daya menurun
  3. Tungku pembakaran/pemanas pada industri
  4. Lampu penerangan yang memanfaatkan gas neon
  5. Transformer
  6. Arus Harmonic

1 komentar: