Home » , » Pengenalan Fungsi dan Operasional Relay Reverse Power

Pengenalan Fungsi dan Operasional Relay Reverse Power

Fungsi dan operasional Relay Reverse Power - Sebuah relay reverse power merupakan relay untuk mendeteksi arah aliran daya yang biasanya digunakan untuk memonitor daya dari sebuah generator yang beroperasi secara paralel dengan generator yang lain atau paralel dengan jaringan utama (grid). Fungsi dari relay ini adalah untuk mencegah kondisi berbaliknya arah aliran daya sehingga mengalir dari bus (saluran utama) menuju kegenerator tersebut. Kondisi ini muncul karena terjadinya gangguan pada penggerak utama (prime mover seperti : turbin atau engine) dari salah satu generator yang bekerja paralel. 

Penyebab terjadinya Reverse Power
Kegagalan pada prime mover (penggerak utama) untuk sebuah pembangkit bisa saja disebabkan kurangnya bahan bakar untuk engine pembangkit tersebut, masalah pada pengaturan kecepatan engine atau breakdown pada engine itu sendiri. Ketika penggerak utama (prime mover) pada sebuah pembangkit yang bekerja paralel mengalami kegagalan, maka dapat timbul kondisi yang dikenal sebagai kondisi motoring. Yaitu kondisi dimana sebuah generator menyerap daya dari saluran utama (bus) dan beroperasi sebagai layaknya sebuah motor yang menggerakkan primemover (penggerak utama atau turbin). Sehingga jika sebelumnya primemover menggerakkan generator, maka pada kondisi ini primemover digerakan oleh generator yang telah bertindak sebagai sebuah motor. 



Hal ini terjadi karena jika sebelumnya dalam kondisi sinkron , semua generator yang bekerja secara paralel akan memiliki frekuensi yang sama. Ketika terjadi penurunan frekuensi pada salah satu generator, akan menyebabkan sumber daya dari generator yang lain akan mengalirkan/memompakan daya ke generator yang mengalami penurunan frekuensi. Aliran daya listrik dengan arah yang berlawanan dari seharusnya pada generator yang bermasalah tersebut dikenal sebagai reverse power.

Reverse power juga bisa terjadi ketika frekuensi dari salah satu pembangkit yang akan sinkron (paralel) dengan saluran utama (bus) lebih rendah dari frekuensi saluran utama (bus). Ketika frekuensi pembangkit tersebut rendah, daya listrik akan mengalir dari bus menuju kepembangkit tersebut. Oleh karena itu, selama proses sinkronisasi (kerja paralel), frekuensi mesin sebuah pembangkit harus sedikit lebih tinggi dari frekuensi pada saluran utama (bus).

Setting Relay Reverse Power
Sebuah relay reverse power biasanya diset pada 20% sampai 50% dari kemampuan generator tersebut apabila bertindak sebagai motor untuk menggerakan prime mover (penggerak utama : engine, turbin) ketika terjadi reverse power. Data setingan ini biasanya diperoleh dari produsen penggerak utama (turbin atau mesin) pembangkit tersebut.

22 komentar:

  1. Mau tanya,apakah reverse power relay dapat membaca terjadinya fasa yg terbalik?mis.ketika terjadi pemadaman saat PLN on lg RST nya terbalik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan saya coba menjawabnya, reverse power mendeteksi arah aliran daya. Digunakan untk proteksi gnerator agar prime mover-nya aman. Generator akan menghasilkan daya yang disalurkan menuju bus utama , yang berarti sinkron dengan pada bus utama. Ketika terjadi kesalahan operasi, generator yang seharusnya menyuplai ke bus utama, malah disuplay oleh bus utama sehingga bekerja sebagai motor. Yang berarti generator menyerap daya, arah aliran daya ini yang dideteksi oleh reverse power.

      Sementara untuk mendeteksi fasa terbalik kita menggunakan phase sequence , yang tidak ada hubungannya dengan pendeeksian arah aliran daya.

      Untuk contoh diberikan yaitu ketika PLN on , kemungkinan terjadinya phasa terbalik dari sumber (PLN) hampir tidak pernah... karena phasa terbalik tidak bisa begitu saja terjadi tanpa ada perubahahan pada koneksi kabel/transmisi ataupun penambahan panel inverter, yang hal itu jarang sekali terjadi, sehingga kemungkinan phasa terbalik dari PLN hampir tidak ada.

      Demikian jawabaan saya, semoga membantu.

      Delete
  2. Mau tanya nih para master.
    Apa solusi yg akan dikerjakan kl terjadi reverse POWER dan kedua genset tdk bs sinkron..? Mohon pencerahan nya master2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAaf telat reply....
      Ketika terjadi reverse power pada salah satu generator ... proteksi reverse power harus bekrja untuk melepas generator yang mengalami reverse power.

      Untuk mencegah terjadinya reverse power adalah dengan menjaga frekwensi dan tegangan kedua generator sama.

      Delete
  3. kalau boleh tahu control unnuk masing masing genset tersebut memakai apa ? Apakah sama ?

    ReplyDelete
  4. www.jualgensetmurah.com menjual genset perkins murah berkualitas, silahkan hubungi kami untuk kebutuhan genset

    ReplyDelete
  5. Terimakasih penjelasannya Guru. Semoga makin sukses

    ReplyDelete
  6. Mau nanya min, cara kerja reverse power relay secara mekanisme nya gimana sih? Dan apa saja yang ada di dalam relay itu. Maksih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prinsip dasarnya adalah menjaga arah aliran arus.. keluar generator atau menuju generator. Sdangkan isi dari relay tersebut ... yang tentu saja mendapat input dari CT yang terpasang pada sisi generator dan output untuk memberikan perintah untuk mematikan CB sinkron ketika reverse power terjadi

      Delete
  7. Untuk sinkron dua generator masing masing 280 kw. CT untuk masing2 generator yang dipakai ukuran berapa..?

    ReplyDelete
  8. Apakah reverse power bisa terjadi dan satu generator?

    ReplyDelete
  9. Reverse power tidk terjadi ketika generator beroperasi secara stand alone....
    Generator yang mengalami reverse power akan berfungsi sebagai beban...bukan menghasilkan daya.. malah menyerap daya... hal ini bisa timbul apabila ada sumber lain (generator lain)yang menggerakan generator tersebut...

    ReplyDelete
  10. Pak,,, aq ditanyakan atasan,,, apakah reverse power relay butuh direset,,!? Katanya klu gk dreset gk mau kerja,,, ttg in aq blm paham,,, mohon bantuannya,,, 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reverse Power itu adalah alat proteksi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga ketika terjadi gangguan.... proteksi ini bekerja. Perkara bisa direset apa tidak tergantung dari kita mengaktifkan fungsinya.... gunanya direset itu sebenarnya... kita tahu telah terjadi gangguan... dan perlu direset setelah kita meevaluasi dan menghilangkan hal - hal penyebab gangguan tersebut.... sehingga tidak terjadi gangguan yang sama dimasa yang akan datang...

      Kalau fungsi reset tidak diaktifkan... apabila terjadi gangguan... mesin stop.. dan kemudian ready kembali untuk di start... kita tidak tahu apa penyebab terjadinya stop tersebut... apakah dari reverse power atau dari proteksi lain.... sehingga kejadian yang sama ada kemungkinan berulang kembali... karena kita tidak melakukan perbaikan pada sistim.

      Demikian penjelasan saya... semoga membantu

      Delete
  11. Selamat malam. Mohon petunjuk. Saya ada masalah seperti ini. Genset 400 ke disingkron dengan turbin 1.2. pas singkron lancar. Tapi ketika genset mau dimatikan turbin langsung trip. Mohon penjelasanya dari bapak. Atas bantuannya sy ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf.. informasinya kurang lengkap... itu genset 400 kVA ?... terus turbin 1.2 itu maksudnya apa ? Maksudnya Micro Hydro 1.2 MW kah atau turbin steam 1.2 MW ? Fungsi genset disana sebagai apa ? Start up untuk asesoris generator atau bagaimana ?

      Saya belum bisa menajwabnya

      Delete
  12. Mohon info. 1. Jika Jala terdiri dari 3 Genset tanpa PLN atau sumber lain, apakah tiap Genset harus memakai 1 Revrese Power Relay? 2.Bisakah dipakai Low Frequency Switch untuk fungsi yang sama, tidak memantau arus balik hanya memantau Frequency?. Tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang pernah saya kerjakan,
      1. relay reverse power dipakai pada masing masing generator untuk mendeteksi arus balik yang menuju generator sehingga 1 generator ada 1 reverse power... mungkin secara alat ada relay reverse power yang dapat melayani beberapa generator.. tapi sebenarnya itu merupakan gabungan dari bbrp fungsi reverse power.

      2. Reverse power terjadi pada sebuah generator ketika generator tersebut menyerap daya listrik yang berarti generator tersebut telah terhubung dulu atau sinkron dengan jaringan utama (bus). Sehingga frekuensi antara generator dan bus sudah sama. Maka fungsi low frequency switch tidak bisa bekerja untuk mendeteksi suatu generator mengalami reverse power, kecuali dengan menggunakan reverse power.

      Demikian kira kira jawaban saya... mungkin kalau ada pendapat lain.. silahkan dishare..

      Terima kasih.

      Delete
  13. Izin bertanya admin.
    Sya mengalami trip saat pararel generator.dan setelah itu saya mematikan generator yg trip.dan sdh gk status pararel.saat saya mau start kembali generator saya yg trip,malah arus listrik tidak ada dan indikator start gk menyala.kira kira penyebab hilang nya arusnya kenapa admin

    ReplyDelete
  14. permisi bang
    mau tanyaa rumus yang digunakan untuk menentukan setting relay reverse power yg mna yaah ?

    ReplyDelete
  15. Pembahasan dan penyampaiannya mudah difahami

    Thanks

    ReplyDelete