Home » » Arus hubungan singkat (Short-Circuit Current) Pada Jaringan

Arus hubungan singkat (Short-Circuit Current) Pada Jaringan

Semua instalasi listrik tanpa pengecualian harus terlindung dari hubungan listrik arus pendek (hubungan singkat). Arus short circuit (hubungan singkat) pada suatu jaringan harus dihitung pada setiap tingkat untuk berbagai konfigurasi yang mungkin terdapat dalam jaringan tersebut dalam rangka menentukan karakteristik peralatan yang harus dipenuhi dalam menahan kejadian short circuit yang mungkin timbul.
Dalam hal menentukan karakteristik peralatan dan pengarturan proteksi pda suatu jaringan , ada tiga hal menenai nilai hubungan singkat (short circuit) yang mesti diperhatikan, adalah sbb :

1. Arus hubungan singkat minimum (Minimal Short Circuit Current),
Isc = kA (rms) ------------------------------------ contoh : 25 kA rms
Penentuan nilai ini berhubungan dengan kejadian hubungan singkat diujung suatu jaringan (arah kebeban). Dengan mengetahui nilai hubungan singkat (Isc) maka dapat membantu kita dalam menentukan kareakterisitk ketahanan alat dan pengaturan besarnya nilai proteksi untuk kejadian short circuit.



2. Arus hubungan singkat maksimum (rms value of maximal short-circuit current)
Ith = (kA rms. 1 s or 3 s) ------------------------------------ contoh : 25 kA rms 1s
Hal ini terkait dengan hubungan singkat yang terjadi pada bagian input terminal peralatan switching. Ini didefinisikan dalam kA untuk 1 atau 3 detik (s), dan digunakan untuk menentukan karakteristik keta hanan peralatan terhadap kenaikan temparatur akibat hubngan singkat tersebut.

3. Nilai puncak hubungan singkat maksimum (peak value of the maximum short-circuit current)
Idyn = (kA peak)
Contoh : 2.5 • 25 kA = 63.75 kA peak untuk standar IEC 60 056 atau,
2.7 • 25 kA = 67.5 kA peak untuk standar ANSI
Nilai ini merupakan nilai breaking capacity dan closing capacity suatu peralatan switching dan merupakan karakteristik peralatan untuk ketahanan terhadap elektrodinamik.

Standar yang berlaku untuk Idyn adalah :
 -  2.5 • Isc at 50 Hz (IEC)
 -  2.6 • Isc at 60 Hz (IEC)
 -  2.7 • Isc (ANSI)




 

0 komentar:

Post a Comment