Home » » Rating ( kapasitas ) Transformator

Rating ( kapasitas ) Transformator

Rating ( kapasitas ) Transformator - Kapasitas ( rating ) dari sebuah transformator dibatasi oleh besarnya suhu atau temperatur operasional transformator tersebut yang masih dapat ditolerir oleh bahan isolasinya. Kapasitas sebuah tranformator dapat ditingkatkan dengan cara mengurangi rugi - rugi yang terjadi pada inti dan belitan tembaga pada transformator tersebut. Dengan meningkatkan laju pembuangan panas ( pendinginan ) , atau dengan meningkatkan kekuatan isolasi transformator sehingga akan dapat menahan suhu yang lebih tinggi , kapasitas sebuah tranformator dapat ditingkatkan.


Transformator dengan ukuran yang lebih besar dapat membuang lebih banyak panas , karena daerah untuk pendinginan lebih luas  serta volume minyak pendingin lebih banyak. Ketahanan sebuah transformator terletak pada isolasi kertas yang digunakan untuk mengisolasi belitan didalamnya, dan ketahanan isolasi kertas pada belitan tersebut akan mengalami degradasi disuhu sekitar 100 ° C.   Hal ini berarti bahwa  sebuah transformator sebaiknya dioperasikan dengan suhu terpanasnya lebih rendah (lebih dingin) dari suhu degradasi ini , atau bila dipaksakan diatasnya akan menyebabkan umur pakai transformator tersebut berkurang . Reklamasi (overhaul Transformator) yang meliputi purifikasi minyak , penggantian minyak transformator, gasket dll  diperlukan untuk membantu dan meningkatkan umur operasional transformator.




Rating transformator dapat diperoleh dengan mengalikan arus kali tegangan  ( V x I ). Transformator kecil dinilai dalam " VA , " volt kali ampere . Dengan meningkatnya kapasitas , biasanya dibaca dalam kVA ( kilovoltampere ) dan kapasitsa yang lebih besar ditulis dalam MVA (megavoltampere ) .

Mengenai penjelasan lebih detail terkait kapasitas Trasnformator silahkan baca artikel Kapasitas transformator dan kemampuan beban yang disuplaynya . Pada artikel tersebut dijelaskan juga pengaruh faktor daya beban terhadap kapasitas transformator.

2 komentar: