Home » » Panduan Menghitung Arus Hubungan Singkat (Short Circuit) I

Panduan Menghitung Arus Hubungan Singkat (Short Circuit) I

Panduan Menghitung Arus Hubungan Singkat (Short Circuit) - Artikel ini membahas perhitungan besarnya arus hubungan singkat yang terjadi pada sistim tiga phasa dan satu phasa dengan bumi (earth fault) dalam sistim ketenagalistrikan yang mengacu pada standar IEC 60.909. Kejadian hubungan singkat (short circuit) pada suatu jaringan listrik dapat menyebabkan arus angat tinggi yang mengalir ke lokasi gangguan. Besarnya arus hubungan singkat (short circuit) itu tergantung pada impedansi sistem dalam kondisi terhubung singkat tersebut.

Hubungan singkat dapat terjadi pada suatu sistem tenaga listrik. Perhitungan arus hubungan singkat (short circuit) mesti dilakukan untuk :
  1. Menentukan besarnya arus hubungan singkat yang dapat timbul pada suatu jaringan sehingga kita dapat menetukan rating ketahanan peralatan yang akan dipasang/terpasang pada sistim tersebut (short circuit withstand ratings)
  2. Mengidentifikasi potensi masalah dan kelemahan pada suatu sistem sehingga membantu dalam perencanaan sebua sistim.
  3. Menentukan basis proteksi untuk pengaturan koordinasi poroteksi pada sistim tenaga listrik tersebut.



Pada awal perencanaan, perhitungan arus hubungan singkat (short circuit calculation) dilakukan setelah disain awal sebuah sistim tersebut selesai dengan beberapa dokumen yang telah tersedia, sbb :
  • Single Line Diagram (Diagram Satu Garis) dari sistim tersebut
  • Peralatan listrik utama yang akan dipasang (Transformator, Generator dll)
  • Jadwal pembebanan
  • Ukuran penghantar (ukuran kabel)
Setelah seluruh data dan dokumen telah lengkap, perhitungan arus hubungan singkat dapat dilakukan dengan metode sesuai standar IEC 60909-0(2001-2002) "Short-circuit currents in three-phase a.c. systems - Part 0: Calculation of currents", dengan menggunakan metoda impedansi. Pada perhitungan dengan metode ini, tahapan-tahapan utama untuk melakukan perhitungannya adalah sbb :
  • Tahap 1: Membangun model sistem dan mengumpulkan parameter peralatan yang relevan
  • Tahap 2: Hitung impedansi hubungan singkat untuk semua peralatan yang relevan
  • Tahap 3: Lihat semua impedansi dengan tegangan referensi
  • Tahap 4: Tentukan rangkaian ekivalen Thevenin pada lokasi gangguan
  • Tahap 5: Hitung arus hubunganan singkat tiga-fase seimbang
  • Tahap 6: Hitung arus hubunganan singkat antara satu phasa ke bumi (earth fault).
Ok, pembahasan mengenai artikel Panduan Menghitung Arus Hubungan Singkat (Short Circuit Calculation) untuk tiap tahap perhitungannya akan kita lanjutkan pada postingan berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment