Home » , » Starting Motor Dengan Penambahan Tahanan Stator

Starting Motor Dengan Penambahan Tahanan Stator

Starting Motor Dengan Penambahan Tahanan Stator - Mode ini (gambar dibawah) terdiri dari dua tahapan, tahap pertama, motor dijalankan dengan mengurangi tegangan yang menuju terminal stator melalui cara penambahan tahanan luar yang diserikan dengan terminal belitan stator motor. Sehingga selama tahap pertama dari mode ini, besarnya nilai tegangan yang diberikan kemotor adalah sebesar tegangan suplay dikurangi tegangan jatuh (voltage drop) pada tahahan tersebut.

Setelah kecepatan motor stabil , rangkaian berpindah ketahap kedua untuk melepas hubungan tahanan sehingga motor mendapat suplay dengan tegangan penuh. Proses perpindahan tahapan ini biasanya dikontrol dengan menggunakan timer.



Besarnya nilai tahanan yang akan digunakan dihitung berdasarkan besarnya arus maksimum yang diinginkan ketika start awal atau berdasarkan nilai minimum torsi yang dibutuhkan untuk menggerakkan beban.

Starting motor dengan mode ini sangat cocok digunakan untuk penggerak beban yang memiliki  tahanan torsi yang nilainya meningkat seiring dengan naiknya kecepatan motor, seperti pompa sentrifugal atau fan.



Dengan memperbesar nilai tahanan , arus start motor dapat dikurangi, namun perlu diperhatikan bahwa dengan memperbesar nilai tahanan, maka drop tegangan semakin besar sehingga tegangan yang menuju ke terminal motor semakin rendah. hal ini dapat menyebabkan penurunan yang cukup besar pada torsi awal motor. Sehingga pengaturan nilai tahanan sangat penting untuk mencegah besarnya penurunan torsi awal pada motor.

3 komentar:

  1. Malam mas mau nanya......kalau nilai tahanan stator motor induksi adalah 4.1 ohm di setiap phasa
    Pertanyaan apakah dengan tahanan stator ini kita bisa gunakan untuk mencari tahanan rotor atau tdak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAya pikir belum bisa, karena parameter yg dibutuhkan adalah tahanan dan reaktansi inti yang bisa kita dapatkan dari test no load dan impedansi di rotor dengan melakukan test lock rotor. kemudian diturunkan ke rangkaian ekivalen motor listrik. Prinsip pengujiannya hampir sama dengan pengujian trafo pada open dan short circuit.

      Delete