Home » » Hubungan Transformator Bintang - Segitiga (Y-Δ)

Hubungan Transformator Bintang - Segitiga (Y-Δ)

Hubungan Transformator Bintang - Segitiga (Y-Δ) , atau Wye-Delta, merupakan hubungan pada transforamtor 3 phasa dimana belitan disisi primer adalah Bintang (Wye-Y) dan pada sisi sekunder adalah Segitiga (Delta-Δ), seperti gambar dibawah ini :
Untuk hubungan lilitan primer-sekunder Y-Δ pada transformator 3 phasa adalah sbb :
-  Ratio Tegangan antara sisi Primer dan Sekunder adalah :

-  Nilai tegangan pada sisi Primer dan Sekunder adalah :
-  Hubungan Ratio Tegangan dan nilai Tegangan pada Transformator 3 phasa hubungan Y-Δ adalah :
Dari diagram phasor seperti gambar diatas terlihat bahwa pada transformator 3 phasa hubungan Wye-Delta (Y-Δ), tegangan pada sisi sekunder mengalami pergeseran keterlambatan (lag) sebesar 30o.




Keuntungan Transformator Hubungan Y-Δ :
-  Tidak ada masalah yang serius pada saat melayani beban yang tidak seimbang karena hubungan delta pada sisi sekunder akan mendistribusikan beban tidak seimbang tersebut pada masing-masing phasa.
-   Masalah harmonisa ketiga pada tegangan disisi sekunder dapat dihapus karena telah disirkulasikan melalui hubungan delta disisi sekunder.

Kerugian Transformator Hubungan Y-Δ :
-  Tegangan pada sisi sekunder mengalami pergeseran phasa  erhadap sisi primer, sehingga apabila ingin memparalel trafo dengan hubungan Wye-Delta (Y-Δ) ini maka harus diperhatikan kesamaan vektor diagram transformator yang akan diparalel tersebut.
-   Insulation yang dibutuhkan pada belitan disisi sekunder harus memiliki ketahanan sedikit diatas tegangan line pada sisi sekunder tersebut, sehingga umumnya (Y-Δ) sering digunakan sebagai transformator step-down



0 komentar:

Post a Comment