Home » » Paralel Transformator dengan Impedansi Sama,Ratio Trafo Sama dan kVA Sama

Paralel Transformator dengan Impedansi Sama,Ratio Trafo Sama dan kVA Sama

Paralel Transformator  - Seperti telah dibahas pada postingan sebelumnya, proses paralel transformator dapat dilakukan bila trafo - trafo yang akan diparalel tersebut idealnya mempunyai parameter impedansi yang sama, ratio trafo yang sama dan rating kVA yang sama.

Memparalel transformator dengan Impedansi sama, Ratio Trafo sama dan kVA sama

Memparalel transformator dengan Impedansi sama,Ratio Trafo sama dan kVA sama akan menghasilkan pembebanan yang merata untuk setiap trafo yang di paralel tersebut karena impedansi disetiap trafo yang diparalel sama yang menyebabkan arus yang mengalir menuju beban (load) sama besarnya sehingga tidak ada salah satu trafo yang dibebani lebih dari trafo yang lainnya. Selain hal tersebut, dengan ketiga parameter yang sama maka dapat menghilangkan arus sirkulasi pada setiap belitan transformator itu.



Perhitungan pembebanan masing - masing trafo yang akan diparalel dengan  impedansi sama, ratio trafo sama dan kVA sama dapat menggunakan rumus sbb :

  • kVA 1 = kVABeban x (kVATrafo1 / %Z1 ) / (kVATrafo1 / %Z1 + kVATrafo2 / %Z2)
  • kVA 2 = kVABeban x (kVATrafo2 / %Z21 ) / (kVATrafo1 / %Z1 + kVATrafo2 / %Z2)
Untuk lebih mudahnya dapat melihat contoh kasus dibawah ini :
Memparalel 2 buah trafo dengan rating kVA yang sama 2000 kVA dan impedansi yang sama 5,75%, dan rasio yang sama untuk menyuplai beban 4000 kVA, maka tiapp - tiap trafo akan dibebani sebesar , sebagai berikut :
Dengan menggunakan rumsu diatas, maka :
Beban Trafo 1 :
  • kVA1 = 4000 x (2000 / 5,75%) / (2000 / 5,75% + 2000 / 5,75%)
  • kVA1 = 4000 x (348) / (348 + 348)
  • kVA1 = 2000 kVA
Dari hasil diatas didapat bahwa Trafo 1 akan dibebani 2000 kVA bila diparalel denga trafo yang memiliki parameter untuk paralel yang sama pada beban 4000 kVA.
Dikarenakan parameter yang sama maka, trafo yang lain kita sebut saja sebagai Trafo 2 juga akan terbebani sebesar 2000 kVA.

Dari kedua hasil diatas dapat disimpulkan bahwa dengan parameter impedansi sama, ratio trafo sama dan kVA sama , maka untuk menyuplai kebutuhan suatu power listrik (beban) , maka beban tersebut akan dibagi rata kesetiap trafo.




0 komentar:

Post a Comment