Home » » Syarat Memparalel Transformator (Trafo)

Syarat Memparalel Transformator (Trafo)

Syarat Memparalel Transformator (Trafo) - Memperalel dua buah atau lebih trafo dapat dilakukan apabila parameter rasio trafo, persen impedansi dan rasio perbandingan X/R pada trafo - trafo tersebut adalah sama. Memparalel trafo yang salah satu parameter diatas tidak terpenuhi dapat menimbulkan arus sirkulasi antar trafo dan pembagian pembebanan trafo tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga situasi tersebut akan menyebabkan turunnya efisiensi trafo serta menurunkan kemampuan trafo dalam melayani beban.

Penjelasan terkait tidak dapatnya diparalel transformator yang salah satu parameternya tidak sama, adalah sbb :
  1. Pembagian arus untuk masing - masing transformator, dengan total beban yang sama dengan total kapasitas seluruh trafo yang diparalel, maka salah satu trafo akan mengalami kelebihan beban (overload)
  2. Arus sirkulasi antar trafo akan naik 10% dari arus pada saat kapasitas penuh.
  3. Gabungan antara arus sirkulasi masing-masing trafo serta arus pada saat beban penuh akan melebihi kapasitas arus pada saat beban penuh pada setiap trafo tersebut.
Arus sirkulasi (circulaitng current) merupakan arus yang mengalir pada saat transformator tidak dibebani, sedangkan arus beban penuh (full load current) merupakan arus yang mengalir pada saat transformator terhubung kebeban (load).

Type Koneksi Trafo Yang di Paralel
Beban Trafo Seimbang
Beban antar Trafi tidak seimbang Loading
Trafo mengalami beban lebih (overloaded)
Timbulnya Arus Sirkulasi
Koneksi Yang Diperbolehkan
Impedansi Sama
Ratio Sama 
kVA Sama
Ya
Tidak
Tidak
Tidak
Ya
Impedansi Sama
Ratio Sama 
kVA Beda
Tidak
Ya
Tidak
Tidak
Ya
Impedansi Beda
Ratio Sama
kVA Sama
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Impedansi Beda
Ratio Sama 
kVA Beda
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Impedansi Beda
Ratio Beda 
kVA Sama
Ya
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Impedansi Beda
Ratio Beda 
kVA Beda 
Tidak
Ya
Ya
Ya
Tidak

3 comments:

  1. Saya kira ada tambahan yaitu vektor grup trafo harus sama, misalnya Dyn5 dengan Dyn5. Jika berbeda misal Dyn5 dengan Dyn11 maka trafo tidak bisa paralel. Mohon dikoreksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komennya....Maaf baru sekarang bisa dijawab. Untuk memparalel 2 atau lebih trafo, selain syarat diatas harus terpenuhi.... memang vektor grup juga harus diperhatikan.... tapi tidak mesti selalu vektor grup harus sama untuk memparalel trafo... pada trafo dengan vektor grup yang berbeda masih bisa diparalel.... yang menjadi kunci memparalelnya adalah kesamaan fasa pada sisi sekunder, satu sumber pada sisi primer dan urutan koneksi terminal trafo pada salah satu sisi (primer/sekunder). Untuk lebih jelasnya... mungkin akan saya tampilkan pada artikel berikutnya...
      Sekali lagi terima kasih atas komenya

      Delete
  2. kalau memiliki 4 trafo dengan tipe/merek dan besar arus yang sama (5A) , bisakah diparalelkan untuk mendapatkan besar arus (20 A) dengan keluaran tegangan 32V ?
    terima kasih, mohon bantuannya

    ReplyDelete