Home » » Syarat Memparalel Transformator (Trafo)

Syarat Memparalel Transformator (Trafo)

Syarat Memparalel Transformator (Trafo) - Memperalel dua buah atau lebih trafo dapat dilakukan apabila parameter rasio trafo, persen impedansi dan rasio perbandingan X/R pada trafo - trafo tersebut adalah sama. Memparalel trafo yang salah satu parameter diatas tidak terpenuhi dapat menimbulkan arus sirkulasi antar trafo dan pembagian pembebanan trafo tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga situasi tersebut akan menyebabkan turunnya efisiensi trafo serta menurunkan kemampuan trafo dalam melayani beban.

Penjelasan terkait tidak dapatnya diparalel transformator yang salah satu parameternya tidak sama, adalah sbb :
  1. Pembagian arus untuk masing - masing transformator, dengan total beban yang sama dengan total kapasitas seluruh trafo yang diparalel, maka salah satu trafo akan mengalami kelebihan beban (overload)
  2. Arus sirkulasi antar trafo akan naik 10% dari arus pada saat kapasitas penuh.
  3. Gabungan antara arus sirkulasi masing-masing trafo serta arus pada saat beban penuh akan melebihi kapasitas arus pada saat beban penuh pada setiap trafo tersebut.



Arus sirkulasi (circulaitng current) merupakan arus yang mengalir pada saat transformator tidak dibebani, sedangkan arus beban penuh (full load current) merupakan arus yang mengalir pada saat transformator terhubung kebeban (load).

Type Koneksi Trafo Yang di Paralel
Beban Trafo Seimbang
Beban antar Trafi tidak seimbang Loading
Trafo mengalami beban lebih (overloaded)
Timbulnya Arus Sirkulasi
Koneksi Yang Diperbolehkan
Impedansi Sama
Ratio Sama 
kVA Sama
Ya
Tidak
Tidak
Tidak
Ya
Impedansi Sama
Ratio Sama 
kVA Beda
Tidak
Ya
Tidak
Tidak
Ya
Impedansi Beda
Ratio Sama
kVA Sama
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Impedansi Beda
Ratio Sama 
kVA Beda
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Impedansi Beda
Ratio Beda 
kVA Sama
Ya
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Impedansi Beda
Ratio Beda 
kVA Beda 
Tidak
Ya
Ya
Ya
Tidak

12 komentar:

  1. Saya kira ada tambahan yaitu vektor grup trafo harus sama, misalnya Dyn5 dengan Dyn5. Jika berbeda misal Dyn5 dengan Dyn11 maka trafo tidak bisa paralel. Mohon dikoreksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komennya....Maaf baru sekarang bisa dijawab. Untuk memparalel 2 atau lebih trafo, selain syarat diatas harus terpenuhi.... memang vektor grup juga harus diperhatikan.... tapi tidak mesti selalu vektor grup harus sama untuk memparalel trafo... pada trafo dengan vektor grup yang berbeda masih bisa diparalel.... yang menjadi kunci memparalelnya adalah kesamaan fasa pada sisi sekunder, satu sumber pada sisi primer dan urutan koneksi terminal trafo pada salah satu sisi (primer/sekunder). Untuk lebih jelasnya... mungkin akan saya tampilkan pada artikel berikutnya...
      Sekali lagi terima kasih atas komenya

      Delete
  2. kalau memiliki 4 trafo dengan tipe/merek dan besar arus yang sama (5A) , bisakah diparalelkan untuk mendapatkan besar arus (20 A) dengan keluaran tegangan 32V ?
    terima kasih, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya trafo dapat diparalel asalkan memenuhi beberapa kondisi :
      1. Polaritas trafo harus sesuai, jangan terbalik karena akan menimbulkan hubungan singkat.
      2. Ratio trafo harus sama, dengan asumsi bila sumber disisi primer sama maka tegangan pada sisi sekunder untuk masing-masing trafo harus sama. 'Sehingga tidak terjadi arus sirkulasi pada trafo tersebut.
      3. Impedansi masing-masing trafo harus sama, sehingga masing-masing trafo terbebani merata.

      Tipe/merk trafo yang sama belum jaminan bahwa impedansi trafo 100% sama, berkemungkinan ada sedikit perbedaan di persent impedansi tiap-tiap trafo, sehingga pada kasus diatas keempat trafo yang diparalel belum tentu setiapnya menghasilkan arus 5 A. Akan ada trafo yang terbebani lebih dari 5 A (diatas kapasitasnya). Untuk amannya, sebaiknya trafo yang digunakan lebih besar dari arus yang dibutuhkan, misalkan 6A atau lebih.

      Demikian, terima kasih.

      Delete
  3. Syarat kalo mau pararel trafo kan daya sebaiknya sama. Kalau ada 3 trafo besarnya 400kva,315kva,250kva dipararel kan ga seimbang tuh, bakal ngetrip, lalu bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasan lebih lengkap silahkan baca pada beberapa artikel yang membahas paralel transformator dengan kondisi Ratio, Impedansi dan kapasitas berbeda.

      Delete
  4. Klo paralel 2 buah trafo dengan vektor yg berbeda contoh dyn5 dan dyn11 dgn asumsi bahwa inpedansi,rasio dan kva sama yg berbeda cuma vektor nya saja. Apa efek buruknya terhadap trafo tersebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca mengenai syara memparalel trafo dengan vektor beda pada https://direktorilistrik.blogspot.co.id/2016/12/paralel-transformator-dengan-vektor-group-beda.html.

      Delete
  5. Maaf Pak, mau tanya timbulnya Arus Sirkulasi pada kondisi Impedansi Beda, Ratio Beda, kVA Beda bagaimana pengertiannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arus siekulasi ini maksudnya ... dikarenakan adanya perbedaan impedansi Impedansi Beda, Ratio Beda, kVA beda atau salah satu dari kempat perbedaan itu... maka antara kedua trafo yang diparalel tersebut arus akan mengalir kesalah satu trafo disamping menyuplai beban. Sehingga salah sat trafo menerima arus dari trafo yang lain.

      Delete
  6. Dear Admin,
    Apakah 2 buah trafo tipikal dengan kumparan DYn (solid grounding) diperbolehkan diparalel secara kontinu saat menyuplai beban yang tidak seimbang? Apakah arus urutan nol akan mengalir/bersirkulasi antar netral-ground kedua trafo?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. izin bertanya kak, ini menurut standar apa ya?

    ReplyDelete